Penghargaan Negarawan dari ACF untuk Presiden SBY

Friday, May 24, 20130 comments


Penghargaan Negarawan dari ACF untuk Presiden SBY



Jakarta, 25 Mei 2013.

Dalam beberapa waktu terakhir ini banyak pemberitaan, opini dan analisis di media massa maupun media sosial yang menyoal tentang rencana pemberian Penghargaan Negawaran kepada Presiden SBY oleh ACF, bahkan Kementerian Agama juga menggelar pertemuan untuk menampung aspirasi masyarakat melalui Ormas yang diselenggarakan pada tanggal 24 Mei 2013, semua ini membuktikan bahwa rencana pemberian Penghargaan Negarawan kepada Presiden SBY oleh ACF mendapat perhatian yang luas.

Terlepas dari kontroversi yang terjadi, tanggapan dari berbagai kalangan ini sesungguhnya  bermakna dan menunjukkan bahwa dinamika demokrasi di Indonesia dapat berlangsung dan merupakan kontribusi nyata dari semua kalangan terhadap keinginan untuk menuju Indonesia yang lebih baik.

Meyikapi dinamika yang ada, setidaknya ada 3 hal yang dapat dijadikan hikmah untuk kehidupan berbangsa, bernegara dan bertoleransi, yaitu:

1.       KEBANGSAAN INDONESIA
Membangun dan memperkokoh kesatuan bangsa secara berkelanjutan yang salah satunya melalui Toleransi Beragama merupakan hal yang sangat harus diperjuangkan dan dijaga oleh seluruh komponen Bangsa Indonesia.
Kita semua perlu menyadari dan memahami bahwa Demokrasi yang kita kembangkan dewasa ini haruslah berada pada koridor ke-Indonesia-an yang sepenuhnya diarahkan pada kebaikan Rakyat Indonesia.
Saat ini kita sedang mewacanakan rencana pemberian Penghargaan Negawaran kepada Presiden SBY oleh Lembaga Asing (ACF), dari segi alasan pemberiannya kita memang bisa berbeda pendapat namun hal yang lebih esensial adalah perbedaan pendapat ini haruslah tidak mengusik Kesatuan dan  Kebangsaan Indonesia, apalagi “hanya” oleh sebuah Penghargaan dari Lembaga Asing itu.

2.       MOMENTUM PERBAIKAN
Penghargaan Negarawan oleh ACF, yang didasarkan pada keberhasilan Indonesia mengembangkan Toleransi Beragama di Indonesia boleh jadi bagi sementara kalangan menjadi kontroversi dan tidak sesuai kenyataan.
Namun demikian sesungguhnya pemberian Penghargaan ini dapat bermakna sebagai “Peringatan”  bagi Pemerintah Indonesia agar pada masa selanjutnya serius dan fokus untuk mengelola Toleransi Beragama ini sehingga Rakyat Indonesia merasakan kehadiran peran Pemerintah untuk menjamin berlansungnya kehidupan rakyat yang menjadi lebih baik.
Konsekwensi penerimaan Penghargaan ini bisa jadi akan menjadi beban sejarah bila Penerima dan Penerusnya tidak mampu melaksanakan dan menjaga makna dari pemberian Penghargaan ini untuk kemaslahatan seluruh Rakyat Indonesia.

3.       KOMUNIKASI EFEKTIF
Dari aspek komunikasi, hal yang menjadi penting adalah perlu adanya keseimbangan informasi dan intensitas yang proporsional. Tanpa harus hanya berargumentasi dari satu aspek saja, dalam propses komunikasi yang dilakukan oleh semua pihak perlu dilakukan dengan strategi yang mampu memberikan nilai pencerahan dan makna positif bagi masyarakat luas.
Lebih jauh, pesan yang disampaikan dalam proses Komunikasi dalam menyikapi rencana pemberian Penghargaan Negawaran ini, haruslah dapat menumbuhkan sikap toleransi yang semakin meningkat.

Bagaimanapun nantinya yang akan terjadi, pemberian Penghargaan Negarawan dari ACF kepada Presiden SBY haruslah menjadi momentum yang positif bagi Rakyat Indonesia, semoga.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SURYANI CENTER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger